Sabtu, 11 Desember 2010

Networking - Wlan

hai guys tidak bosan2nya saya mencoba untuk mengupdate ilmu yang baru saya dapat.. kali ini saya ingin sedikit bercerita tentang Networking & Langkah2 Wlan... saya langsung saja g make lama.. yuu ah... haahahaha....

Sebuah jaringan komputer, sering hanya disebut sebagai jaringan, adalah kumpulan komputer dan perangkat interkoneksi oleh saluran komunikasi yang memfasilitasi komunikasi antara pengguna dan memungkinkan pengguna untuk berbagi sumber daya. Jaringan dapat diklasifikasikan menurut berbagai karakteristik.



Jaringan komputer dapat digunakan untuk berbagai tujuan:

Facilitating communications. Dengan menggunakan jaringan, orang dapat berkomunikasi secara efisien dan mudah melalui email, instant messaging, chat room, telepon, telepon video, dan video conferencing.

Sharing hardware. Dalam sebuah lingkungan jaringan, setiap komputer pada jaringan dapat mengakses dan menggunakan sumber daya perangkat keras pada jaringan, seperti mencetak dokumen pada printer jaringan bersama.

Sharing files, data, and information. Dalam sebuah lingkungan jaringan, berwenang pengguna dapat mengakses data dan informasi yang tersimpan di komputer lain di jaringan. The capability of providing access to data and information on shared storage devices is an important feature of many networks. Kemampuan memberikan akses ke data dan informasi pada perangkat penyimpanan bersama adalah fitur penting dari banyak jaringan.

Sharing software. Pengguna terhubung ke jaringan dapat menjalankan aplikasi program pada komputer remote.

Information preservation..

Security.

Speed up.


Metode Koneksi

Jaringan komputer dapat diklasifikasikan sesuai dengan perangkat keras dan teknologi perangkat lunak yang digunakan untuk saling behubungan masing-masing perangkat dalam jaringan, seperti serat optik , Ethernet , wireless LAN , HomePNA , jalur komunikasi listrik atau G.hn . Ethernet seperti yang didefinisikan oleh IEEE 802 standar menggunakan berbagai media yang memungkinkan komunikasi antar perangkat. Sering perangkat dikerahkan termasuk hub, switch, bridges, atau router. Wireless LAN dirancang untuk menghubungkan perangkat tanpa kabel. Perangkat ini menggunakan gelombang radio atau inframerah sinyal sebagai media transmisi. ITU-T G.hn teknologi yang ada menggunakan kabel rumah ( kabel koaksial , saluran telepon dan kabel listrik ) untuk membuat kecepatan-tinggi (sampai dengan 1 Gigabit / s) area lokal jaringan.

Sekarang kita akan membahas networking Wlan beserta langkah-langkahnya di windows 7

Wireless LAN - Jaringan area lokal nirkabel menggunakan teknologi radio frekuensi tinggi yang sama ke digital selular dan frekuensi radio teknologi rendah. Wireless LANs use spread spectrum technology to enable communication between multiple devices in a limited area. Wireless LAN menggunakan teknologi spread spectrum untuk memungkinkan komunikasi antara beberapa perangkat di lahan terbatas. An example of open-standards wireless radio-wave technology is IEEE. Contoh open-standar nirkabel gelombang radio teknologi IEEE.

Langkah pertama yaitu melakukan seting pada komputer induk/server. Untuk bagian pertama ini kita masuk ke Control Panel ke Network and Sharing Center,








Lalu ke Change adapter settings

















 Lalu klik kanan pada device wifi laptop kalian lalu klik properties













di internet protocol version 4 (TCP/IPv4) pilih properties






















Pilih Use the the following IP andress

Lalu isi IP anddress seperti tampak di gambar

Lalu klik OK





















Lalu kembali ke Network and Sharing Center klik Set Up a new Connection or network







Lalu klik Set up seperti tampak di gambar lalu next














Kemudian isi network name, terus pilih security type apabila mau di pass pilih wpa2-personal lalu ketik security key kemudian next


Setelah itu wlan telah berhasil di buat lalu klik close








Setelah di cek akan tampak seperti di gambar... ENJOY...






















Mungkin sekian dulu tulisan saya hari ini mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan ini...

sumber: always TKP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar